FKMTF Indonesia
http://newsimg.bbc.co.uk/media/images/38886000/gif/_38886839_battery_203inf.gif

Battery

Dewasa ini, baterai menjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Coba lihat sejenak saku anda, tangan anda, atau tas anda. Pasti terdapat perangkat yang menggunakan sumber energi dari baterai, entah itu jam tangan, smartphone, kalkulator, ataupun laptop. Baterai yang awal penemuannya berukuran cukup besar, kini dapat masuk hingga ke jam tangan anda dan smartphone anda.

Baterai Paling Awal

Konsep baterai mungkin telah ada sejak 2000 tahun yang lalu. Baterai kuno yang ditemukan di Khujut Rabu, dekat Baghdad oleh kelompok arkeolog Jerman ini, berbentuk seperti guci. Bagian luar terbuat dari tanah liat, bagian dalamnya terdapat gulungan tembaga berbentuk silinder dan batang besi di tengahnya. Wilhelm Konig, salah satu arkeolog menduga kombinasi besi dan tembaga ini adalah sel galvanik yang digunakan sebagai baterai. Diduga baterai kuno ini digunakan untuk pelapisan emas dalam kerajinan seperti patung pada masa Parthian (250 SM – 224 M).

http://www.theironskeptic.com/articles/Battery/baghdad-battery.jpg http://newsimg.bbc.co.uk/media/images/38886000/gif/_38886839_battery_203inf.gif

1800: Voltaic Pile

1 januari 1800, Alessandro Volta membuat sel basah pertama yang pada akhirnya disebut sebagai voltaic pile. Baterai buatannya ini tersusun atas cakram tembaga dan seng yang dibatasi oleh semacam kain yang telah direndam di air garam. Voltaic pile mampu menghasilkan arus listrik secara konstan. Namun, di balik itu voltaic cell tidak lebih dari 1 jam. Hal ini dikarenakan kebocoran elektrolit yang menyebabkan arus pendek. Masalah lainnya adalah gelembung hidrogen pada tembaga yang menyebabkan peningkatan resistansi.

http://4.bp.blogspot.com/-h-4CcOVejyU/UJA-La82Z4I/AAAAAAAADnY/dt5KuKyXrkg/s1600/volta.png

1836: Baterai Daniell

Kimiawan asal inggris, John Frederic Daniell, menemukan cara untuk mengurang produksi gas hidrogen pada voltaic pile, yaitu melalui penggunaan 2 elektrolit, seng sulfat dan tembaga sulfat. Baterai Daniell juga menggunakan merkuri untuk menghambat proses korosi. Baterai ini menghasilkan tegangan listrik 1,1 volt, banyak digunakan pada telegraf, telepon, dan bel pintu. Baterai ini popular dalam penggunaan rumah tangga hingga 100 tahun kemudian.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/67/NMAH-Daniell_cell_batteries_1836.JPG

1859: Baterai Asam Timbal (Lead Acid Battery)

Baterai asam timbal atau biasa disebut sel basah atau aki ditemukan oleh seorang berkebangsaan Perancis, Gaston Plante. Baterai-baterai sebelumnya merupakan sel primer, yang artinya mereka tidak akan bisa digunakan lagi setelah tidak terjadi lagi reaksi kimia. Ia menemukan cara untuk mengisi kembali baterai, yaitu dengan melewatkan arus charging dan discharging pada baterai, sehingga baterai dapat menyuplai listrik lebih lama. Baterai aki ini digunakan perdana untuk menyalakan lampu gerbong kereta.

http://www.reuk.co.uk/OtherImages/lead-acid-battery.gif

1866-1886: Carbon-Zinc Battery

Baterai karbon-seng merupakan baterai sel kering pertama yang diciptakan oleh Georges Leclanche. Leclanche mengganti elektrolit dalam bentuk cairan menjadi pasta, sehingga menghindari tumpahan elektrolit saat digunakan di transportasi. Baterai ini menggunakan seng sebagai anoda dan mangan dioksida sebagai katodanya, serta ammonium klorida sebagai elektrolit. Kemudian, Carl Gassner mengembangkannya dengan menambahkan seng klorida pada elektrolit. Hasilnya, baterai lebih tahan lama dan lebih padat. Baterai dapat menghasilkan 1,5 volt dan digunakan dalam perangkat portabel.

https://www.sciencelabsupplies.com/image.php?type=P&id=7229

1899: Baterai Nikel-Cadmium

Waldermar Jungner, ilmuwan Swedia menciptakan baterai nikel kadmium yang dapat diisi ulang. Baterai ini mengunakan nikel dan kadmium sebagai elektrodanya. Elektrolitnya berupa larutan natrium hidroksida. Merupakan baterai pertama yang menggunakan alkali sebagai elektrolitnya, sehingga memiliki kerapatan energi lebih besar dibandingkan baterai asam timbal.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/41/NiCd_various.jpg

1955: Baterai Alkali

Baterai seng karbon merupakan sumber energi utama hingga akhir 1950-an, tetatpi baterai jenis ini memiliki daya tahan yang rendah. Seorang insinyur bernama Lewis Urry yang bekerja di perusahaan baterai Eveready menemukan cara untuk memperpanjang umur baterai seng karbon dengan menambahakan alkali.

http://rightbattery.com/wp-content/uploads/2013/07/alkaline-batteries-for-recyling.jpg

1992: Baterai Lithium dan Lithium-Ion

Baterai lithium komersial pertama di produksi oleh Energizer dengan ukuran AA. Baterai jenis ini merupakan baterai dengan waktu hidup terlama. Kemudian Sony mengkomersialkan baterai lithium ion pada telepon genggamnya. Berikutnya dikembangkanlah baterai lithium ion polimer yang kita lihat wujudnya berbentuk segi empat dalam smartphone kita.

http://www.danleemedical.com/Assets/ProductImages/BAL91VP.jpg http://ecx.images-amazon.com/images/I/41Pq1gp95BL._SY300_.jpg

2000-Sekarang: Pengembangan Baterai Nanowire

Baterai nanowire sesuai namanya, menggunakan kabel-kabel berukuran nano untuk memperluas permukaan salah satu elektroda. Beberapa desain, mulai dari silikon, germanium, metal transisi, dan lithium ion tengah dikembangkan walaupun belum ada yang tersedia secara komersial. Konsep ini menggantikan batang grafit sebagai anoda dan berpotensi meningkatkan performa baterai berkali-kali lipat.

http://2.bp.blogspot.com/_s4qkCQ5qKN0/Sdq2Hpnn55I/AAAAAAAAAAU/usW7dJtKi6M/s320/051004083648.jpg http://www.extremetech.com/wp-content/uploads/2011/08/nanowire-battery.jpg

Referensi

https://gcep.stanford.edu/pdfs/Cui-NanowireBattery.pdf

http://www.upsbatterycenter.com/blog/history-batteries-timeline/

http://www.homepower.com/sites/default/files/articles/ajax/docs/5_HP153_pg86_Richmond-2.jpg

https://www.timetoast.com/timelines/history-of-batteries

http://www.energizer.com/about-batteries/battery-history

 

Add comment