FKMTF Indonesia

Profil Kesekjenan FKMTF 2017/2018

Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Fisika Indonesia (FKMTF) merupakan lembaga yang mewujudkan terjalinnya komunikasi dalam sebuah ikatan kekeluargaan antar mahasiswa Teknik Fisika se-Indonesia. FKMTF Indonesia didirikan pada tanggal 12 Desember 2004, yang memiliki tujuan menjadi sarana interaksi antar lembaga kemahasiswaan Teknik Fisika di Indonesia dan memasyarakatkan Teknik Fisika. Sekarang, FKMTF telah berumur 14 tahun dan kesekjenan dipegang oleh Muhammad Farhan Rosal. Adapun profil kesekjenan FKMTF 2017/2018 sebagai berikut:

Objektif

  1. Rasa percaya diri dan bangga menjadi mahasiswa Teknik Fisika
  2. Rasa kepemilikan dan kekeluargaan oleh seluruh massa fkmtf
  3. Ikut ambil bagian atas isu-isu teknik fisika di Indonesia secara strategis dan taktis

Strategi Mencapai Kerja Objektif

Bidang Internal

  • Memiliki dan menggunakan identitas FKMTF yaitu jaket fkmtf saat kegiatan fkmtf berlangsung (I)
  • Saling support antara masing-masing himpunan dalam acara himpunan, sharing pengetahuan sharing timeline himpunan dan yang lainnya agar himpunan lain dapat mendapat info atau manfaat bagi yang mempunyai fasilitas/pengetahuan lebih (I)
  • Diskusi Antar Badan pengurus Himpunan anggota Teknik fisika, agenda dapat ditentukan dapat saling sharing, Tanya jawab. (I)
  • Sosialisasi secara berkala dari wasekjen dan staff FKMTF ke massa himpunan nya masing-masing mengenai agenda ataupun proker yang FKMTF jalankan (I)
  • Menjalin hubungan baik dengan sering berkumpul bersama tidak sebatas pekerjaan, tetapi seperti yang di daerah Jakarta/bandung bermain futsal/basket bersama. Saat bulan puasa berbuka puasa bersama. (I)

Bidang Eksternal

  • Membuat penjelasan tentang teknik fisika secara umum dan khusus disertai dengan kelebihan/kekuatan dari TF sendiri dan di publish ke luar.
  • Mengetahui apa itu teknik fisika sendiri untuk mahasiswa teknik fisika dan masyarakat umum.
  • Ikut melibatkan mahasiswa teknik fisika sendiri dan masyarakat luar dalam membahas sesuatu isu/teknologi tentang teknik fisika atau dalam pandangan teknik fisika.
  • Membuka kuliah inspirasi untuk mahasiswa teknik fisika dan masyarakat umum.
  • OA dan IG untuk eksternal dan menambah eksistensi FKMTF Indonesia.
  • Mempunyai Koordinator Isu teknik fisika yang dapat mencari dan cepat tanggap terhadap isu-isu yang bisa dikaitkan ke teknik fisika, mau isu secara strategis ataupun taktis.
  • Pada RTT membuat suatu kuliah inspirasi (intinya dapat melibatkan dan bermanfaat)yang di isi oleh dosen inspiratif untuk menimbulkan rasa percaya diri dan bangga untuk mahasiswa dan memasyarakatkan teknik fisika untuk keluarnya.

Keanggotaan FKMTF 2017/2018

ITB

Muhammad Farhan Rosal Sekjen
Churrotul Aini Wasekjen
Ni’ma Rosyidah Anggota
Fajar Muhammad Noor Rozaqi Anggota
Gusnul Andria Anggota

Joshua Friendly Nugroho

Anggota

 

UNAS

Nano Sujani Wasekjen
Arfa’a Wulanda Agnia Anggota
 

ITS

Effran Rajagukguk Wasekjen
Hafizha Ega Anggota
Ihsan Aulia Rahman Anggota
 

UGM

Hermin K Sari Wasekjen
Dendy Anggota
Yuntaditama Corbicefa Anggota
Aloysia Reni Rosalia Anggota
 

Telkom

Septian Nur Hidayat Wasekjen
Valentisa Zulviana Anggota
 

Surya Univ

Correy Ananta Adhilaksma Wasekjen
Reggie Ferdian Anggota
Made Wilson Andrew Yudhistira Anggota

Program Kerja FKMTF 2017/2018

Bidang Internal

  • Analisis Himpunan

Tujuan

  1. Saling support antara masing-masing himpunan dalam acara himpunan, sharing pengetahuan sharing timeline himpunan dan yang lainnya agar himpunan lain dapat mendapat info atau manfaat bagi yang mempunya fasilitas/pengetahuan lebih
  2. Diskusi Antar Badan pengurus Himpunan anggota Teknik fisika, agenda dapat ditentukan dapat saling sharing, Tanya jawab
  3. Memiliki dan menggunakan identitas FKMTF yaitu jaket fkmtf saat kegiatan fkmtf berlangsung

Deskripsi Singkat

Analisis Himpunan merupakan salah satu proker dari FKMTF yang bertujuan sebagai media bagi himpunan mahasiswa dan atau keluarga mahasiswa anggota dari FKMTF untuk saling berinteraksi. 
Selain itu, analisis himpunan juga bertujuan sebagai penyalur informasi terkait agenda keteknikfisikaan (kegiatan atau event) antar himpunan mahasiswa/keluarga mahasiswa kanggota FKMTF.
Sebagai tindak lanjut dari program kerja ini, Divisi Internal FKMTF akan memberikan surat undangan kepada tiap universitas anggota FKMTF (yang tentunya seizing dari penyelenggara) untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
  • Infografis Ilmiah

Tujuan

Saling support antara masing-masing himpunan dalam acara himpunan, sharing pengetahuan sharing timeline himpunan dan yang lainnya agar himpunan lain dapat mendapat info atau manfaat bagi yang mempunya fasilitas/pengetahuan lebih

Deskripsi Singkat

Infografis Ilmiah dilakukan satu bulan satu kali dan semua himpunan mahasiswa/keluarga mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menyusun materi terkait tema yang diusung untuk infografis ilmiah dan kemudian didesain oleh Tim Multimedia FKMTF.
  • Bank Data

Tujuan

Saling support antara masing-masing himpunan dalam acara himpunan, sharing pengetahuan sharing timeline himpunan dan yang lainnya agar himpunan lain dapat mendapat info atau manfaat bagi yang mempunya fasilitas/pengetahuan lebih

Deskripsi Singkat

Bank data merupakan suatu google drive yang berfungsi untuk menyimpan data – data berupa buku elektrobik maupun soal – soal ujian mata kuliah yang ada di Teknik Fisika tiap universitas. Hal ini tentunya dapat memudahkan mahasiswa teknik fisika untuk mendapatkan sumber – sumber yang digunakan universitas lain.
  • Pengadaan Jaket FKMTF

Tujuan

Memiliki dan menggunakan identitas FKMTF yaitu jaket fkmtf saat kegiatan fkmtf berlangsung

Deskripsi Singkat

Jaket FKMTF merupakan seragam identitas dari FKMTF yang bertujuan sebagai branding kepada masyarakat luas.
  • Liga Futsal Persahabatan

Tujuan

Menjalin hubungan baik dengan sering berkumpul bersama tidak sebatas pekerjaan, tetapi seperti yang di daerah Jakarta/bandung bermain futsal/basket bersama. Saat bulan puasa berbuka puasa bersama

Deskripsi Singkat

Liga futsal FKMTF ini diadakan pada saat Rapat Tengah Tahun maupun Kongres karena adanya keterbatasan jarak dan waktu antar anggota FKMTF.

Bidang Eksternal

  • Engineering Physic’s Online Public Discussion

Tujuan

Engineering Physics’s Online Public Discussion (Enphy OnPD) bertujuan untuk memasyarakatkan teknik fisika kepada masyarakat umum, khususnya Siswa/i Sekolah Menengah

Deskripsi Singkat

Engineering Physics’s Online Public Discussion (Enphy OnPD) ini adalah suatu kegiatan yang akan dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam satu tahun kepengurusan melalui online chat.
Kegiatan ini di bagi menjadi 2 keterlibatan, yang pertama yaitu melibatkan partisipasi dari masyarakat umum termasuk mahasiswa teknik fisika.
Kedua, melibatkan siswa/i Sekolah Menengah Atas guna memberikan pengetahuan umum tentang keteknikfisikaan.
  • Engineering Physic’s Open Forum

Tujuan

Engineering Physics’s Open Forum (EPOF) bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta wawasan seputar perkembangan teknologi terkini di dunia.
Sebagai ajang silaturahmi antara mahasiswa teknik fisika se – Indonesia yang tergabubng di dalam forum.
Di samping itu juga sebagai sarana untuk saling berbagi dan bertukar informasi dan juga memasyarakatkan teknik fisika kepada masyarakat umum dan Siswa/i SMA.

Deskripsi Singkat

Engineering Physics’s Online Forum (EPOF) adalah suatu kegiatan yang akan dilaksanakan sebanyak 1 kali dalam satu tahun kepengurusan melalui online chat.
Kegiatan ini di bagi menjadi 5 forum sesuai dengan cabang peminatan yang ternaung di program studi teknik fisika. Setiap forumnya mengangkat isu – isu terkini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Keterlibatan dalam Engineering Physic’s Open Forum adalah peserta yang terdiri dari masyarakat umum, Mahasiswa Teknik Fisika se – Indonesia, dan Siswa/i Sekolah Menengah Atas yang tertarik dengan tema EPOF yang di laksanakan.
  • FKMTF Journalism

Tujuan

FKMTF Journalism bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang peranan teknik fisika terhadap isu – isu yang terjadi dan juga salah satu peran aktif teknik fisika kepada isu – isu yang terjadi.
Selain itu sebagai ajang silaturahmi mahasiswa teknik fisika indonesia dan sebagai pendorong mahasiswa teknik fisika indonesia untuk bersikap kritis dengan isu – isu yang terjadi khususnya di lingkungan sekitar.

Deskripsi Singkat

FKMTF Jurnalism merupakan kegiatan jurnalistik atau penyampaian berita seputar aktifitas yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Fisika Indonesia kepada masyarakat luas yang rencana kedepannya akan dipublikasikan melalui website FKMTF Indonesia yang telah dibuat dan terbitanya juga berhubungan langsung dengan Social Media Official.
Jurnalistik yang disampaikan berupa hasil diskusi Mahasiswa Teknik Fisika Indonesia tentang isu – isu yang terjadi menurut/berdasarkan pandangan keilmuan keteknikfisikaan sehingga Mahasiswa Teknik Fisika melalui Forum Komunikasi Mahasiswa Indonesia dapat mengambil sikap atas isu – isu yang terjadi.
  • Social Media Official

Deskripsi Singkat

Dengan perkembangan teknologi dan media massa, Social Media Official hadir sebagai salah satu alat komunikasi yang dimiliki Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Fisika Indonesia.
Social Media Officer adalah suatu tim yang mengurus/mengelola akun media sosial yang di miliki Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Fisika Indonesia. Targetnya adalah masyarakat umum dan para netizin dunia maya, bertugas memberikan suatu informasi seputar kegiatan, greeting cards, dll.
Sehingga, masyarakat umum dan netizen dapat mengetahui keaktifan/eksistensi dari Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Fisika Indonesia.
  • Kuliah Inspirasi FKMTF Talk Show

Deskripsi Singkat

Kuliah Inspirasi FKMTF Talk Show merupakan kegiatan tengah tahun yang perencanaan pelaksanaannya akan di lakukan 1 kali dalam kepengurusan. Dalam kegiatan/acara ini FKMTF Indonesia mengundang pemateri/narasumber akademisi/profesional untuk mengisi acara tersebut.

Media Social

Instagram : @fkmtfindonesia
Facebook : @FKMTFIndonesia
Line :@fll9114j
Email : fkmtfindonesia@gmail.com

Branding FKMTF 2017/2018

#ProundBeFKMTF
#FKMTFinHarmony
#FKMTFImpactful

Add comment