FKMTF Indonesia

Hasil Diskusi Offline 2019/2020

Eksistensi, Urgensi, dan Rencana Jangka Panjang dan Pendek FKMTF Indonesia Baik untuk Internal maupun Ekternal.”

Pada Rapat Tengah Tahun FKMTF Indonesia terakhir yang dilaksanakan pada tanggal 2-3 November 2019 telah dilangsungkan diskusi offline dengan seluruh peserta RTT saat itu. Rapat Tengah Tahun merupakan salah satu agenda tatap muka seluruh anggota FKMTF Indonesia sehingga merupakan momen yang tepat untuk membahasa suatu permasalahan tertentu dan menentukan solusi bersama. Kala itu, diskusi dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing Universitas yaitu, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Nasional (UNAS), Sekolah Tinggi Teknologi Mutu Muhammadiyah (STTM), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Telkom, dan Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

Diskusi offline dilakukan pada tanggal 2 November 2019 dengan topik bahasan,  “Eksistensi, Urgensi, dan Rencana Jangka Panjang dan Pendek FKMTF Indonesia Baik untuk Internal maupun Ekternal.” Dari diskusi tersebut dihasilkan keluaran sebagai berikut:

  1. Kegiatan sharing dengan alumni dari setiap himpunan yang dihimpun oleh kesekjenan dan hasilnya dapat dibagikan ke himpunan lain anggota FKMTF Indonesia berupa infografis, video wawancara, dan lain-lain.
  2. Kolaborasi dengn BKSTF untuk pelaksanaan EPIC.
  3. Peggunaan media seperti radio, youtube, dan Instagram untuk peningkatan publikasi FKMTF Indonesia.
  4. Kolaborasi antar laboratorium masing-masing kampus.
  5. Kolaborasi pemecahan permasalahan kemasyarakatan dengan suatu teknologi yang merupakan hasil dari mahasiswa Teknik Fisika.

Dari hasil yang ditetapkan di atas kemudian dibahas pelaksanaan hasil diskusi diatas yang akan dibantu oleh masing-masing kampus. Dari diskusi pula diperoleh bahwa akan dilakukan beberapa rencana jangka pendek dan jangka panjang sebagai realisasi hasil diskusi hari itu, yaitu:

Jangka Pendek

  1. Untuk poin 1 tentang sharing alumni, akan mulai dihimpun informasi hasil sharing alumni masing masing himpunan pada suatu drive yang dapat diakses oleh seluruh anggota FKMTF Indonesia dan dapat ditunjukkan saat Laporan Pertanggungjawaban ketika RAT.
  2. Untuk poin 2, saat RAT sudah terdapat kejelasan bentuk kerjasama atau keterlibatan FKMTF pada acara EPIC.
  3. Untuk poin 3, akan mulai dipost konten terkait kegiatan di masing-masing himpunan pada akun media sosial FKMTF Indonesia.
  4. Untuk poin 4, akan dicari informasi mengenai laboratorium masing-masing himpunan dan SOP untuk penggunaan dan peminjaman alat serta pemberitahuan kepada massa himpunan masing-masing akan terbukanya peluan kolaborasi dengan kampus lain saat pemaparan hasil Rapat Tengah Tahun. Diharapkan saat Rapat Akhir Tahun, informasi sudah tersebarkan.
  5. Untuk poin terakhir, akan dilakukan sharing dengan UGM terkait penerapan teknologi pada masyarakat yang sudah berhasil pada saat RAT.

Jangka Panjang

  1. Untuk poin 2, akan dilakukan keterlibatan langsung FKMTF Indonesia pada acara EPIC sesuai dengan hasil diskusi dengan penyelenggara EPIC.
  2. Untuk poin 5, sudah ada masalah di masyarakat yang dicoba untuk diselesaikan menggunakan teknologi yang dibuat oleh mahasiswa.

Hingga saat ini, terus dilakukan follow up terkait pelaksanaan hasil diskusi ini di masing-masing universitas. Keberlanjutan dari pelaksanaan hasil diskusi ini akan disampaiakan di kesempatan atau artikel selanjutnya.

Add comment