FKMTF Indonesia
sumber :https://unsplash.com/s/photos/pisa

Menara Pisa Kok Miring ? Ga Roboh ?

Beberapa dari kalian pasti udah tau salah satu bangunan yang paling terkenal di dunia ini, yaitu menara pisa. Menara pisa terkenal karena bangunan miring namun tidak roboh. Ada apa sih dengan menara pisa ini ? apakah ada kesalahan dari sang arsitek dan pekerja bangunannya ? ataukah ada faktor lain ? mari kita simak kelanjutannya.

Awalnya pada tahun 1173, konstruksi menara lonceng ini dibuat di kota Tuscany, Italia, dan para pembangun menyelesaikan 3 dari 8 lantai yang sudah direncanakan. Seiring berjalannya waktu mereka sadar bahwa fondasi menara mulai tidak rata karena adanya campiran padat tanah liat, pasir, dan kerang. Akhirnya menara mulai miring ke arah selatan. Pembangunan ditunda karena adanya perang antara Pisa dan Genoa, dan dilanjutkan oleh Giovanni di Simone. Giovanni ingin mengimbangi kemiringan bangunan dengan menambah bobot ke sisi yang pendek, namun malah menyebabkan strukturnya semakin miring. Akhirnya menara ini diresmikan tahun 1370.

Menara pisa tidak roboh karena adanya pusat gravitasi massa. Dalam fisika, setiap objek memiliki massa dan pusat massa / pusat gravitasi yang merupakan titik konsentrasi massa benda ketika ingin memperkirakan objek dengan titik. Benda akan seimbang ketika berada pada torsi yang sama ke segala arah dari titik benda.

Sampai saat ini Menara Pisa diprediksi bisa berdiri 200 tahun kedepan, kecuali ada gempa besar di sekitar kota Tuscany, dan didekat menara pisa sudah dipasang sensor – sensor oleh para insinyur agar memastikan menara tetap dalam kondisi yang stabil.

Referensi : https://www.history.com/news/why-does-the-leaning-tower-of-pisa-lean

Add comment