FKMTF Indonesia

Profil Kesekjenan FKMTF Indonesia 2020/2021

Kepengurusan FKMTF Indonesia telah berganti ke periode 2020/2021. Kepengurusan pada periode ini terdiri dari 7 himpunan mahasiswa Teknik Fisika di Indonesia. Berikut ini organogram Kesekjenan FKMTF Indonesia periode 2020/2021.

Sekretaris Jendral

Faris Nafis Haidar (Universitas Telkom)

 

Wakil Sekretaris Jendral

Aditya Nuryan (Universitas Telkom)

Adhilah Nanda Pratiwi (Universitas Nasional)

Nasya Resti (Universitas Gadjah Mada)

Fadly Hamdy (Institut Teknologi Sumatera)

Angela M. Sutopo (Universitas Multimedia Nusantara)

Khalish Maududy (Institut Teknologi Sepuluh November)

Annova Gian Paskah (Institut Teknologi Bandung)

 

Deputi

Satria Pratama Taruna (Universitas Gadjah Mada)

M. Galih Fahreza (Institut Teknologi Sumatera)

Adelia Putri (Institut Teknologi Sumatera)

Lukman Firdaus (Universitas Nasional)

Elyzabeth Krean (Universitas Telkom)

Eron Ariodito (Institut Teknologi Bandung)

Die Inezkea Nabila Bainus (Institut Teknologi Bandung)

Alifia Arsyadani Achson (Institut Teknologi Bandung)

Cindy Cornelia (Universitas Multimedia Nusantara)

William Budiman (Universitas Multimedia Nusantara)

Ahmad Nur Hasybi (Institut Teknologi Sepuluh November)

Putri Nurfiana (Institut Teknologi Sepuluh November)

Daffa Hidayat (Institut Teknologi Sepuluh November)

 

Visi

Organisasi nasional sebagai bentuk sinergi antar mahasiswa Teknik Fisika Indonesia dalam interaksi dan kolaborasi untuk saling memberikan manfaat, merekatkan hubungan mahasiswa Teknik Fisika lintas perguruan tinggi, dan meningkatkan eksistensi Teknik Fisika di Indonesia.

Misi

  1. Mencapai legalitas FKMTF Indonesia.
  2. Memberikan orientasi kepada himpunan mahasiswa Teknik Fisika untuk saling memberikan manfaat dan bersama memajukan FKMTF Indonesia.
  3. Menjadi wadah berbagi informasi keilmuan dan pengembangan diri dalam keteknikfisikaan bagi seluruh anggota FKMTF Indonesia.
  4. Menjadi sarana berelasi dan berinteraksi dalam menciptakan lingkungan kekeluargaan antar anggota FKMTF Indonesia.
  5. Bersinergi dalam membuat kegiatan dan/atau acara berskala nasional yang bermanfaat untuk seluruh mahasiswa Teknik Fisika Indonesia.
  6. Meningkatkan eksistensi FKMTF Indonesia untuk menjadi pionir dalam memasyarakatkan Teknik Fisika di Indonesia.

Program Kerja & Agenda

Dalam kepengurusan kesekjenan 2020/2021 ini, dibagi menjadi beberapa divisi untuk menjalankan proker dan tugas masing-masing. Divisi sendiri terbagi menjadi empat yaitu BPI (Badan Pengurus Internal), Humas, Medinfo, Kewirausahaan, masing-masing divisi sendiri mempunyai tugas dan proker masing-masing yaitu sebagai berikut :

  1. BPI (Inti)

    Diskusi Online dan Offline FKMTF
    Terbatasnya jarak dan juga waktu dikarenakan jurusan teknik fisika yang tersebar di masing-masing universitas di indonesia dan juga di masa pandemi saat ini,tidak menghalangi komunikasi antar TF untuk terus terjalin dengan baik. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini membuat FKMTF menjadi wadah untuk selalu diskusi dan saling bertukar pikiran dengan Mahasiswa TF antar universitas lain,diskusi online ini biasanya dilaksanakan via Gmeet. Diskusi sendiri membahas mengkaji seputar eksistensi Jurusan Teknik Fisika, Himpunan teknik fisika, maupun mengkaji masalah yang sedang trend dan saling bertukar pikiran dan berpendapat yang sampai pada titik menemukan solusi bersama-sama. Esensi dari diskusi ini pun adalah agar terjalin dengan kuat komunikasi dan silaturahmi dengan jurusan teknik fisika seindonesia dan bisa saling membantu untuk permasalahan internal maupun Eksternal di jurusannya masing-masing.
    RTT dan RAT adalah kegiatan rutinan dimana mahasiswa TF seindonesia bertemu secara langsung ke universitas yang ditunjuk menjadi tuan rumah untuk melakukan diskusi dan sharing session secara langsung,topik yang dibahas sendiri akan dikaji terlebih dahulu pada saat diskusi online untuk dibawa ke RTT maupun RAT, pertemuan inipun sekaligus menjadi ajang saling mengenal dan merekatkan ikatan antar mahasiswa teknik fisika sendiri,untuk kepengurusan kali FKMTF 2020/2021, RAT sendiri akan dilaksanakan secara virtual dikarenakan masa pandemi covid-19 ini.Webinar FKMTFProgram webinar ini ditunjukkan untuk mahasiswa TF yang sedang Osjur dengan tujuan untuk mengenalkan FKMTF secara keseluruhan, Webinar ini tergolong sebagai agenda baru untuk menguatkan keeksistensian dari FKMTF terlebih untuk mahasiswa teknik fisika itu sendiri.

    Makrab & Gathering

    Makrab dan kumpul bersama ini akan dilaksanakan pasca RAT nanti sebagai simbolis berakhirnya kepengurusan FKMTF 2020/2021, dan juga semagai penguat tali persaudaraan antar mahasiswa teknik fisika seindonesia. Makrab dan gathering sendiri berisi tentang diskusi informal dan berbagai macam permainan.

  2. Medinfo

    FKMTF Online

    Program ini ditunjukkan untuk mengelola semua akun media sosial FKMTF seperti akun Instagram, Official Account LINE, dan website. Saat ini, media sosial adalah hal wajib yang harus dimiliki disetiap organisasi. FKMTF Online sendiri akan diisi dengan berbagai konten berkualitas seperti creative multiple post yang berisi fun fact dan wawasan seputar teknik fisika, selain akan menjadi insight baru seputar teknik fisika, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan jangkauan branding Teknik Fisika lebih luas lagi mengingat jurusan ini sangat langka dan kurang dikenal dikalangan masyarakat. Selain itu media sosial FKMTF dapat dijadikan wadah untuk berbagi informasi mengenai event yang digelar oleh himpunan anggota FKMTF.

  3. Humas

    WTF!? (What Teknik Fisika)

    Program WTF ini adalah Podcast dan diskusi santai seputar teknik fisika. Podcast ini akan mendatangkan alumni dan dosen untuk berdiskusi dan menambah wawasan serta insight tentang ilmu-ilmu Teknik Fisika.Podcast ini sendiri ditunjukkan untuk umum via Spotify. Selain menambah wawasan WTF ini juga sebagai srana untuk menjalin relasi antara alumni maupun dosen dari Teknik Fisika

    Webinar

    Berbeda dengan webinar FKMTF yang ditunjukkan untuk mahasiswa osjur,webinar ini ditunjukkan untuk masyarakat secara umum. Webinar ini sendiri akan membahas seputar ilmu yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat dan mahasiswa teknik.seperti cara penggunaan software di dunia kerja dibidang teknik sampai webinar cara membuat cv yang benar dan lolos wawancara kerja.Webinar diadakan via Zoom secara gratis dan setiap peserta akan mendapatkan sertifikat.

  4. Kewirausahaan

    Jaket FKMTF & Merchandise

    Sebagai suatu organisasi, jaket merupakan salah satu identitas. Jaket FKMTF Indonesia yang berwarna coklat akan dipakai pada Hari Jaket yang jatuh pada setiap hari Rabu sebagai hari jaket FKMTF. Jaket sendiri sebagai salah satu bentuk keeksistensian dan sarana branding kepada mahasiwa Teknik Fisika. Pemesanan jaket bersifat pre order disertai dengan berbagai merchandise seputar Teknik fisika

    Publikasi Offline

    Salah satu tujuan utama branding Teknik Fisika adalah mengenalkan Teknik Fisika ke siswa-siswa SMA yang nantinya akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Kami memiliki keinginan agar para siswa SMA mengerti apa itu Teknik Fisika yang notabene jurusan tidak konvensional dan cukup langka.

Add comment