FKMTF Indonesia

Profil Kesekjenan FKMTF Indonesia 2021/2022 – Kabinet Dinamis

Organigram Kepengurusan FKMTF Indonesia Periode 2021/2022

Pada akhir bulan Mei, telah diresmikan kepengurusan FKMTF Indonesia periode 2021/2022. Kesekjenan periode ini akan dibawa oleh himpunan-himpunan mahasiswa Teknik Fisika dari 7 kampus di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Gadjah Mada, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Nasional, dan Universitas Telkom. Untuk menjalankan tugas sebagai delegasi dari masing-masing himpunan, kepengurusan dibagi menjadi BPI (Badan Pengurus Inti) dan 4 divisi lainnya, yaitu MEDINFO (Media dan Informasi), IRIT (Inovasi, Riset, dan Teknologi), HUMAS (Hubungan Masyarakat), dan KWU (Kewirausahaan). Daftar 27 delegasi kepengurusan FKMTF periode 2021/2022 dari masing-masing kampus adalah sebagai berikut.

Institut Teknologi Sumatera

Haniel Farit Saputra Laia (Sekretaris Jenderal)
(BPI – Ketua)

Ryan Tristan (Wakil Sekretaris Jenderal)
(IRIT – Staff)

Annisa Herliana (Deputi)
(HUMAS – Staff)

Muhammad Iqbal Damara (Deputi)
(KWU – Ketua)

Setiya Esra Haloho (Deputi)

Institut Teknologi Bandung

Iwan Partogi Hasudungan Silaen (Wakil Sekretaris Jenderal)
(BPI – Sekretaris)

Arsyi Adlani (Deputi)
(IRIT – Staff)

Timothy Valerian Tambunan (Deputi)
(KWU – Staff)

Timothy Nathaniel Gunawan (Deputi)
(HUMAS – Staff)

Rahadian Hafiz Kumara (Deputi)
(MEDINFO – Staff)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Agra Dunung Ricktanata (Wakil Sekretaris Jenderal)
(HUMAS – Staff)

Annisa Septyana Ningrum (Deputi)
(MEDINFO – Staff)

Nabila Zahira
(MEDINFO – Staff)

Nur Alfiani Shoffiana
(BPI – Bendahara)

Shelia Nur Kurnia Dewi
(HUMAS – Staff)

Universitas Telkom

Tania Verasta (Wakil Sekretaris Jenderal)
(IRIT – Staff)

Maulana Fauzan Athalla Halinda (Deputi)
(MEDINFO – Ketua)

Muhammad Zaky Mubarok (Deputi)
(KWU – Staff)

Ni Putu Eka Kusuma Wardani (Deputi)
(HUMAS – Ketua)

Universitas Gadjah Mada

Muhammad Farhan (Wakil Sekretaris Jenderal)
(IRIT – Ketua)

Ahmad Ilham Rokhul Fikri (Deputi)
(IRIT – Staff)

Universitas Multimedia Nusantara

Ryan (Wakil Sekretaris Jenderal)
(KWU – Staff)

Faraz Rival Damaretty (Deputi)
(HUMAS – Staff)

Vanesa Lorent (Deputi)
(MEDINFO – Staff)

Universitas Nasional

Anita Damayanti (Wakil Sekretaris Jenderal)
(MEDINFO – Staff)

Anisa Talitha Ardiningsih
(IRIT – Staff)

Agis Dwi Pratiwi
(KWU – Staff)

Visi

Organisasi nasional sebagai bentuk sinergi antar mahasiswa Teknik Fisika Indonesia dalam interaksi dan kolaborasi untuk saling memberikan manfaat, merekatkan hubungan mahasiswa Teknik Fisika lintas perguruan tinggi, dan meningkatkan eksistensi Teknik Fisika di Indonesia.

Misi

  1. Mencapai legalitas FKMTF Indonesia.
  2. Memberikan orientasi kepada himpunan mahasiswa Teknik Fisika untuk saling memberikan manfaat dan bersama memajukan FKMTF Indonesia.
  3. Menjadi wadah berbagi informasi keilmuan dan pengembangan diri dalam keteknikfisikaan bagi seluruh anggota FKMTF Indonesia.
  4. Menjadi sarana berelasi dan berinteraksi dalam menciptakan lingkungan kekeluargaan antar anggota FKMTF Indonesia.
  5. Bersinergi dalam membuat kegiatan dan/atau acara berskala nasional yang bermanfaat untuk seluruh mahasiswa Teknik Fisika Indonesia.
  6. Meningkatkan eksistensi FKMTF Indonesia untuk menjadi pionir dalam memasyarakatkan Teknik Fisika di Indonesia.

Program Kerja

Kepengurusan kesekjenan 2021/2022 ini dibagi menjadi lima divisi untuk menjalankan proker dan tugas masing-masing. Kelima divisi tersebut adalah BPI (Badan Pengurus Inti), Humas (Hubungan Masyarakat), Medinfo (Media Informasi), KWU (Kewirausahaan), dan IRIT (Inovasi, Riset, dan Teknologi). Masing-masing divisi tersebut mempunyai tugas dan program kerja masing-masing yaitu sebagai berikut:

BPI (Badan Pengurus Inti)

  1. Ketua
    Ketua mengadakan diskusi online dan offline apabila memungkinan, yaitu RTT dan RAT. RTT (Rapat Tengah Tahun) diadakan untuk memonitoring dan mengevaluasi internal FKMTF untuk melihat capaian indikator kinerja selama setengah tahun kepengurusan dan keterserapan anggaran pada tahun tersebut. RAT (Rapat Akhir Tahun) merupakan kegiatan laporan pertanggungjawaban serta hasil kinerja selama satu tahun kepengurusan. Selain itu, akan dilaksanakan kegiatan Ngebray (Ngopi dulu bray) dan Kuis Have Fun untuk merekatkan hubungan antar delegasi.
  2. Sekretaris
    Sekretaris bertugas dalam melakukan pendataan internal delegasi FKMTF 2021/2022, memfasilitasi hubungan antar delegasi FKMTF dan melakukan evaluasi internal, menyusun peraturan dan notulensi saat rapat, dan mengurus segala bentuk kegiatan administratif FKMTF.
  3. Bendahara
    Bendahara bertugas dalam mengatur dan mengelola keuangan organisasi, membuat laporan keuangan organisasi, bertanggung jawab dalam segala pengeluaran/pemasukan.

Humas (Hubungan Masyarakat)

  1. WTF (What Teknik Fisika)
    WTF?! (What Teknik Fisika) adalah program podcast yang diadakan oleh FKMTF melalui aplikasi Spotify untuk memperkenalkan lebih jauh mengenai teknik fisika. Podcast yang ditampilkan hanya berupa suara. Podcast dilakukan per-universitas yang ditugaskan. Pembuatan podcast dilakukan oleh tiap divisi dengan dua topik podcast (sistem rolling). Tema yang diambil merupakan tema yang berasal dari kelompok yang sudah dibentuk dan harus disetujui oleh divisi Humas terlebih dahulu sebelum pembuatan podcast.
  2. WeTF (Webinar Teknik Fisika)
    Webinar merupakan acara yang diadakan oleh FKMTF untuk seluruh mahasiswa Teknik Fisika di Indonesia dan khalayak umum. Dalam satu periode kepengurusan, webinar akan diadakan 4 kali
  3. TF 101
    Menyajikan fakta-fakta Teknik Fisika atau peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan anak TF. Menjadi media hiburan dan informasi. Proker ini kuat ikatannya dengan divisi badan inovasi dan riset dalam mencari sumber serta peristiwa atau fakta-fakta keteknikan. Cara penyampaian TF 101 ini dengan video yang berisi talent dari tiap universitas yang sudah ditunjuk/dari anggota FKMTF itu sendiri.
  4. Pendataan Alumni
    Pendataan alumni dilakukan untuk memudahkan pendataan narasumber dan data pekerjaan untuk menjadi referensi dari mahasiswa teknik fisika, untuk upgrade web FKMTF dengan profil data alumni dan tempat bekerja untuk menarik minat siswa atau siswi di seluruh Indonesia, serta mempererat hubungan eksternal dengan alumni teknik fisika seluruh Indonesia.
  5. PeTF (Perkumpulan Teknik Fisika)
    PeTF atau Perkumpulan TF se-Indonesia ini diadakan untuk mengeratkan hubungan himpunan TF tiap universitas. Kegiatan yang dilakukan pada perkumpulan ini adalah bertukar pikiran, ngobrol santai dan lainnya agar mencapai tujuan diatas. Perkumpulan ini akan dihadiri oleh perwakilan setiap Himpunan Mahasiswa TF Indonesia sebanyak 2-3 orang. Target Capain : 2 kali dalam satu periode kepengurusan.

Medinfo (Media Informasi)

  1. Penanggung Jawab Media Sosial FKMTF
    Divisi Medinfo bertugas mengelola akun dan konten seluruh media sosial FKMTF, antara lain adalah Instagram, Official Account LINE, Youtube, Spotify, dan website. Media sosial FKMTF akan diisi berbagai macam konten, seperti artikel, funfact, serta konten kreatif lainnya dalam bentuk multiple post. Selain itu, media sosial juga digunakan untuk memfasilitasi himpunan anggota FKMTF untuk berbagi informasi mengenai event yang akan diselenggarakan pada kolom TITIPFKMTF.
  2. Dokumentasi Kegiatan dan Acara FKMTF
    Medinfo bertanggungjawab dalam seluruh urusan dokumentasi rapat, webinar, dan event-event lain dari FKMTF.

KWU (Kewirausahaan)

  1. JakTF
    Jaket merupakan salah satu identitas yang dimiliki oleh FKMTF dan sebagai salah satu bentuk keeksistensian dan sarana branding kepada seluruh mahasiswa teknik fisika.
  2. MerkilTF (Merchandise Gokil)
    Merchandise ini terdiri dari gelang, stiker dan gantungan. Sebagai salah satu bentuk keeksistensian dan sarana branding FKMTF kepada seluruh mahasiswa teknik fisika
  3. Paid Promote
    Jasa promosi berbayar untuk meningkatkan penjualan customer yang dilakukan melalui postingan instagram oleh seluruh anggota FKMTF.
  4. POSHA (Postingan Usaha)
    Membantu mempromosikan usaha yang dimiliki oleh mahasiswa teknik fisika dan mengedukasi tentang kewirausahaan melalui Instagram maupun website.

IRIT (Inovasi, Riset, dan Teknologi)

  1. Menyiapkan Materi
    Hasil materi terkait keteknikfisikaan yang sudah dikumpulkan serta dikaji oleh Divisi Inovasi, Riset, dan Teknologi nantinya akan dipublikasikan dalam bentuk yang menarik (misalkan artikel, feeds Instagram, dll.) oleh Divisi Medinfo.
  2. Bank Data
    Mengumpulkan dan mengintegrasikan data terkait dengan profil jurusan teknik fisika setiap universitas, baik terkait lab, kelompok keahlian, Kerja Praktek, Tugas Akhir, hingga profil alumni. Data yang akan dikumpulkan oleh Divisi Inovasi, Riset, dan Teknologi didapatkan dari koordinasi dengan Humas dan Wasekjen.

Add comment