FKMTF Indonesia

Programmable Droplets – Apa, Bagaimana, dan Untuk Apa?

Peneliti dari MIT Media Lab’s Tangible Media Group menemukan programmable droplets yang menggunakan Teknik EWOD (Electrowetting On Dielectric). EWOD merupakan teknik yang dapat mengontrol droplets (tetesan) menggunakan medan listrik. Programmable droplets berbasis sistem EWOD merupakan grid pelat logam yang dilapisi dengan bahan yang memiliki gaya gesek rendah. Dengan mengontrol besarnya medan listrik dari susunan grid, kita dapat mengubah bentuk polarizable liquid droplets dan membuatnya bergerak di sekitar permukaan.

 

Gambar 1. Struktur Programmable Water Droplets

Rincinya, programmable droplet terdiri dari beberapa lapisan, dari bawah ke atas yakni elektroda, lapisan dielektrik, serta hydrophobic coating. Tetesan cairan—biologis maupun kimiawi—pada permukaan bisa otomatis digerakkan dengan menyalakan/mematikan elektroda yang ada di lapisan paling bawah. Kegiatan ini dikendalikan oleh suatu software tersendiri, yang nantinya software ini mampu mengkalkulasi bagaimana cairan-cairan ini bergerak untuk menghasilkan suatu campuran, sehingga pengguna/operator tidak mengatur secara manual bagaimana cairan-cairan tersebut bergerak. Perpaduan antara permukaan yang memiliki gaya gesek rendah dan hydrophobic membuat tidak akan terjadinya kontaminasi akibat bekas cairan yang menempel ke permukaan programmable water droplet

 

Tujuan utama dari sistem ini yaitu membuat low-cost-lab-on-chip, yang berkaitan dengan kemudahan jangkauan dalam fasilitas kesehatan oleh kalangan menengah ke bawah, dikarenakan tingginya biaya operasi laboratorium biologi yang berkaitan dengan peralatan seperti jarum suntik dan pipet. Dengan mengadaptasi teknologi ini, diharapkan biaya operasional untuk barang-barang tsb bisa diminimalisir.

Selain itu, tujuan jangka panjang dari sistem ini antara lain untuk membuat interface computer yang dapat meningkatkan pengetahuan intuitif pengguna di dunia, antara lain memanipulasi informasi serta interaksi manusia. Programmable water droplets dapat digunakan sebagai suatu tampilan informasi, media interaktif untuk melukis, bahkan game.

 

Referensi

  1. Programmable Droplets” – Diakses pada 4 April 2019
  2. A Drop Of Innovation” – Diakses pada 4 April 2019
  3. MIT researchers turn water into ‘calm’ computer interfaces” – Diakses pada 4 April 2019
  4. A computer can now program actual drops of water to move across a surface” – Diakses pada 4 April 2019

Add comment