FKMTF Indonesia

Sebuah Catatan tentang Programmable Logic Controllers (PLC)

Sebuah artikel suntingan dari Teknik Fisika Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berjudul “Standardisasi Programmable Logic Control – IEC61131-3 v.s. IEC61499”  oleh Stefanus Yudi Irwan.

 

Programable Logic Control adalah salah satu jenis pengendali yang biasa digunakan industri untuk mengendalikan sistem produksi. Penggunaan programmable logic control memberikan banyak keuntungan bagi industri, diantaranya menghemat biaya produksi, meningkatan performa sistem kendali, dan kemudahan me-maintenance sistem produksi. Jenis dari Programable logic control Sendiri dibagi menjadi 2 yaitu compact dan modular. Bagian – bagian Programable Logic Control terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu input, output, dan central processing unit.

Sumber Gambar : Frank D.Petruzela, Programable Logic Control 4 Edition, 2011

 

Bahasa pemrograman PLC diatur dalam standart IEC 61131-3. Versi ke tiga dari standart ini dipublikasikan pada bulan Februari 2013 oleh International Electrotechnical Commission . Standar ini menjelaskan tentang tata aturan arsitektur perangkat lunak dan bahasa pemrograman yang digunakan di dalam PLC. Standart ini menjelaskan bahwasannya terdapat tiga jenis bahasa grafis dan dua jenis bahasa textual yang digunakan untuk memprogram PLC, diantaranya

  1. Ladder Diagram (LAD), Bahasa Grafis
  2. Function Block Diagram (FBD), Bahasa Grafis
  3. Sequential Function Chart (SFC), Bahasa Grafis
  4. Structured Text (ST), Bahasa Textual
  5. Instruction List (IL), Bahasa Textual

Semenjak publikasinya pada tahun 1992, standart IEC 61131 sudah banyak diaplikasikan di dunia industri untuk memprogram PLC – PLC yang digunakan. Namun karena tuntutan zaman yang mengharuskan industri melakukan inovasi yang terus menerus membuat trend sistem produksi berpindah dari produksi massal menjadi produksi yang terkustomisasi. Hal ini membuat sistem pengendalian harus fleksibel, cepat beradaptasi, dan mudah direkonfigurasi.

Programable Logic Control yang dirancang berdasarkan standart IEC 61131-3 tidak dapat memenuhi keseluruhan requirement tersebut. Oleh karena itu dirancang standart yang baru yaitu IEC 61499 dimana standart ini memiliki kapabilitas diantaranya portable, configurable, dan interoperable. Standart IEC 61499 dirancang untuk menjadi arsitektur referensi untuk mengembangkan sistem kendali yang terdistribusi, modular dan fleksibel. Standart IEC 61499 memperpanjang Function Block (FB) yang digunakan oleh pendahulunya IEC 61131-3 dengan tambahan mekanisme event handling. Sehingga eksekusi dari FB nya sendiri berjalan berdasarkan aliran event, bukan secara siklis seperti FB pada IEC 61131-3.

Sumber Gambar : 4DIAC Documentation Web Page

 

Aliran pada Function Block IEC 61499 terdiri dari Event (Merah) dan Data (Biru), terdapat beberapa bagian diantaranya interface input, interface output, event execution control, dan Encapsulated Functionality. Interface Input merupakan tempat masuknya event ke dalam FB untuk memulai mengeksekusi fungsi tertentu di dalam FB tersebut. Interface Data mejadi tempat masuk dan keluar data yang diperlukan oleh FB tersebut. Event execution control menjadi pengendali terhadap eksekusi suatu FB, bagian ini mengatur aliran event untuk mengeksekusi fungsi tertentu didalamnya. Encapsulated Functionality menjadi bagian yang menyimpan fungsi – fungsi yang berkaitan dengan pengoperasian FB tersebut.

Namun dikarenakan masih pada tahap pengembangan, penggunaan standart ini untuk keperluan komersial masih belum banyak dilakukan. Beberapa lembaga yang sudah mengaplikasikan penggunaan standart IEC 61499 diantaranya PROFACTOR GmbH Reconfigurable Robotic System, Automation and Control Institute – Bottle Sorting Application and Inverted Pendulum, University of Auckland – Smart Pallet System, Austrian System Integrator, dan Austian Company ntxControl.

 

Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/IEC_61131. Diakses pada 3 April 2019

https://www.eclipse.org/4diac/en_help.php?helppage=html/before4DIAC/iec61499.html#MainPartsOfIEC61499. Diakses pada 3 April 2019

Zoitl, T. Strasser and A. Valentini, “Open Source Initiatives as Basis for The Establishment of New Technologies in Industrial Automation : 4DIAC a Case Study,” IEEE International Symposium on Industrial Electronics, pp. 3817-3819, 2010.

Smodic, A. Zoitl, G. Grabmair and T. Strasser, “A Real-Time Execution Model for IEC 61499 BesedControl Application,” Symposium Information Control Problems in Manufacturing, pp. 541-546, 17-19 May 2006.

 

 

Add comment