FKMTF Indonesia

Yuk Kenalan dengan CMOS

            Kamera tentu sudah menjadi barang yang tidak asing lagi bagi kita. Tahukah kalian bahwa kamera digital saat ini dilengkapi dengan image sensor. Sensor adalah alat yang dapat mengukur suatu besaran fisik dan mengubahnya menjadi suatu sinyal yang dapat dibaca oleh pengguna atau instrument. Image sensor sendiri merupakan suatu alat yang dapat mengubah gambar optic menjadi sinyal listrik. Suatu image sensor terdapat jutaan diode fotosensitif atau yang dikenal dengan photo sites.

            Terdapat dua jenis image sensor yaitu CCD (Charged Coupled Device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor). Saat ini, banyak kamera yang menggunakan sensor CMOS karena performanya dinilai lebih baik dibandingkan dengan sensor CCD. Sensor CMOS maupun CCD memiliki cara kerja yang sama yaitu mengubah cahaya menjadi electron.

            CMOS menggunakan kombinasi p-type dan n-type metal-oxide semiconductor field-effect transistors (MOSFET). Sensor CMOS mengubah charge cube menjadi tegangan sebeleum keluar dari setiap piksel. Sensor CMOS yang modern juga menggunkan amplifier pada setiap pikselenya sehingga setelah amplifikasi, output tegangan piksel ditransfer melalui kabel mikro pada output chip.

Sensor CMOS tidak hanya berisi piksel, atau tidak hanya berisi sedikit sensor. Setiap sensor piksel memberi nilai tegangan atau nilai digital 1,0 angka-angka ini disebut bit. Image sensor terdiri dari chip yang peka terhadap cahaya dan filter warna. Filter warna bekerja ketika cahya polikromatik melui filter biru, maka warna apapun selain biru tidak bisa melewati filter tersebut sehingga sensor akan menghasilkan warna biru saja. Untuk menghasilkan berbagai warna seperti gambar aslinya, sensor hanya membutuhkan tiga warna filter yaitu merah, hijau, dan biru atau sering disebut RGB. Pencampuran dari ketiga warna tersebut akan menghasilkan berbagai warna.

Referensi :

M.A.Hosny. “CMOS Image Sensor.” 2017.

Sumber gambar: https://www.researchgate.net/publication/317021818_basic_description_of_CMOS_camera_sensor

Add comment