FKMTF Indonesia
Hasil gambar untuk engineering physics

Yuk Kenali lebih lanjut Apa itu Teknik Fisika

Halo guys, terutama teman-teman yang masih SMA. Pada artikel ini akan dikenalkan lebih lanjut mengenai keilmuan Teknik Fisika…. Udah tahu jurusan Teknik Fisika??? Hmm… mungkin belum ya. Oke akan dijelaskan pada artikel berikut ini:

Hasil gambar untuk engineering physics

Apa itu Teknik Fisika?

Teknik Fisika atau Engineering Physics adalah disiplin ilmu yang tumbuh seiring dengan dan sebagai tanggapan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia.

Teknik fisika berkembang dimulai sejak tahun 1940-an setelah perguruan tinggi menyadari perlunya mendidik salah satu jenis pendidikan keinsinyuran yang mempunyai dasar yang kuat dan cukup luas terdiri dari ilmu-ilmu fisika dan matematika, serta dasar-dasar engineering sesuai dengan perkembangan terakhir.

Disiplin keilmuan ini diharapkan dapat menjembatani, mendekatkan dan turut serta dalam berbagai kegiatan riset ilmu-ilmu terapan yang mendukung pengembangan perekayasaan dan teknologi (engineering and technology).

Hasil gambar untuk engineering physics

Bagaimana dengan keilmuan yang dimiliki?

Seorang lulusan Teknik Fisika dalam hal kegiatan perindustrian akan memiliki kemampuan sebagai ‘jembatan’ dengan bidang keteknikan yang lain. Dasar-dasar pengetahuan yang dimiliki mencangkup pengetahuan matematika, ilmu sains dan dasar rekayasa yang kuat, yang dengannya dapat melakukan analisa, perancangan dan rekayasa.

Pengetahuan matematika yang dimiliki mencangkup kalkulus, matematika rekayasa probabilitas dan statistik, serta pengetahuan dalam metoda numerik. Kemudian untuk ilmu sains meliputi fisika, kimia, biologi serta perekayasaan seperti elektromagnetik, fisika modern, fisika kuantum, termodinamika, teknologi energi terbarukan, konversi energi, elektronika, fisika material, gelombang, akustik dan manajemen energi.

Hasil gambar untuk engineering physics

Wow… lalu bagaimana penerapan keahliannya?

Penerapan keahlian Teknik Fisika dalam dunia keteknikan, dengan berbekal dasar pengetahuan keteknikan yang luas akan membuat teman-teman mampu menganalisa masalah yang melibatkan beberapa bidang teknik. Tentu hal ini menjadi sebuah keunggulan, jika nantinya teman-teman telah masuk atau berkecimbung di dalam bidang industri yang kompleks.

Akan tetapi, Teknik Fisika juga memiliki keahlian yang spesifik. Apa itu?… Yup ada beberapa bidang keahlian Teknik Fisika yang dapat diambil berdasarkan minat. Bidang-bidang keahlian Teknik Fisika antara lain :

  • Bidang Keahlian Instrumentasi dan Kontrol
  • Bidang Keahlian Fisika Bangunan, Akustik dan Energi
  • Bidang Keahlian Rekayasa Bahan (Semikonduktor, Superkonduktor, Komposit, Bahan Elektronik)
  • Bidang Keahlian Optik dan Laser

Hasil gambar untuk engineering physicsHooo gitu…. Kalau prospek kerja bakal kemana aja?

Lulusan Teknik Fisika bekerja di berbagai industri sebagai insinyur profesional di bidang instrumentasi dan kontrol (instrumentation and control), pembangkitan energi (power plant), akustik dan teknik pencahayaan (lighting), teknologi bahan (material science), tata udara (refrigeration and air conditioning), konsultan/kontraktor, perusahaan-perusahaan rekayasa (engineering companies), di dalam negeri maupun di luar negeri staf peneliti di bidang teknologi terapan, staf pengajar di institusi pendidikan staf di lembaga pemerintahan, LSM (NGO) yang berhubungan dengan proyek kemandirian energi masyarakat, dan enterpreneur dalam berbagai bidang keteknikan terutama energi. Kelebihan yang spesifik dari lulusan Teknik Fisika adalah kemampuannya untuk bekerja dengan sistem yang melibatkan secara simultan banyak aspek fisika dan teknik

Meskipun demikian, di Indonesia pada umumnya hanya mengenal keahlian Teknik Fisika dibidang instrumentasi dan kontrol. Sehingga profesi insinyur instrumentasi (instrument engineer), insinyur pengendalian (control engineer), insinyur otomatisasi (automation engineer) dan lain-lainnya selalu ditempati oleh para insinyur lulusan Teknik Fisika.

Nah… udah kenal kan dengan Teknik Fisika? Paling ada beberapa tambahan nih teman-teman

Ya, saat ini di negeri kita tercinta Indonesia, universitas yang membuka bidang keilmuan Teknik Fisika ada 8 universitas yaitu diantaranya: Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Gadjah Mada, Universitas Nasional, Telkom University, Surya University, Sekolah Tinggi Teknologi Mutu Muhammadiyah Tangerang dan Universitas Multimedia Nusantara.

Teknik Fisika sendiri saat ini telah dipayungi bersama dengan sebuah Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Fisika Indonesia (FKMTF Indonesia). FKMTF ini merupakan perhimpunan mahasiswa Teknik Fisika di seluruh Indonesia, adapun FKMTF ini berperan dalam sinergi satu sama lain dalam menciptakan sarana interaksi antar lembaga kemahasiswaan, menciptakan rasa memiliki dan kekeluargaan serta memasyarakatkan Teknik Fisika.

 

Add comment