FKMTF Indonesia

Yuk Lihat, Ikatan Mahasiswa Teknologi Instrumentasi Universitas Gadjah Mada

Instrumentasi merupakan istilah yang sudah sering kita dengar sebagai mahasiswa Teknik, terutama jurusan Teknik Fisika. Istilah ini biasanya berhubungan dengan alat-alat dan peranti (device) yang dipakai untuk pengukuran dan pengendalian dalam suatu sistem. Instrumentasi sebagai alat analisis dan kendali banyak dijumpai di bidang kimia, kedokteran, elektrokimia, industri dan pabrik-pabrik. Sedangkan, Instrumentasi sebagai alat pengukur sering kali merupakan bagian awal dari bagian kendalinya, dan bisa berupa pengukur dari semua jenis besaran fisis, kimia, mekanis, maupun besaran listrik. Beberapa contoh di antaranya adalah pengukur: massa, waktu, panjang, luas, sudut, suhu, kelembaban, tekanan, aliran, pH (keasaman), level, radiasi, suara, cahaya, kecepatan, torque, sifat listrik (arus listrik, tegangan listrik, tahanan listrik), viskositas, density, dll. Hasil gambar untuk control room

Saat ini ada beberapa lembaga atau komunitas di Universitas yang mewadahi mahasiswa terhadap bidang Instrumentasi. Salah satu adalah Kamalogis, yang merupakan sebuah Badan Semi Otonom (BSO) dibawah naungan Keluarga Teknik Nuklir dan Teknik Fisika (KMTNTF) Universitas Gadjah Mada.

Dengan kegiatan utama berupa pelatihan dan proyek, diharapkan Kamalogis mampu membantu perkembangan mahasiswa DTNTF dalam hal ilmu instrumentasi.

Para anggota Kamalogis dilatih untuk dapat memahami teknologi-teknologi instrumentasi terkini beserta aspek-aspek non-teknis yang terkait.

Maka dari itu, alumni Kamalogis juga diharapkan memiliki kenggulan dalam hardskill dan softskill yang berguna untuk menunjang karir pasca wisuda nanti. Untuk memenuhi tujuan ini, Kamalogis memiliki runtutan misi berupa: (a) Kaderisasi, (b) Pelatihan, (c) Penelitian dan produksi, (d) Pembangunan relasi, (e) Publikasi, dan (f) Pendanaan.

Sejarah Kamalogis

Hasil gambar untuk KAMALOGISIkatan Mahasiswa Teknologi Instrumentasi atau biasa disebut dengan Kamalogis pertama kali berdiri pada tahun 2007 yang pada waktu itu dipimpin oleh Boni Sena TF’05 dengan kegiatan bernama Autotech (Automatic Technologi Instrumentasi) elektronika.

Setelah itu kepengurusan berganti ke M. Fahrudin Muna yang menjadikan Autotech menjadi 6 divisi, yaitu divisi instrumentasi industri, instrumentasi medik, robotika, pemrograman, elektronika, dan telekontrol.

Akan tetapi selama periode 2008/2009 Autotech mengalami kevakuman. Tahun 2010 Autotech kembali bangkit dengan nama Kamalogis di bawah pimpinan Hanapi Ali.

Dan selanjutnya Kamalogis bergulir dibawah kepemimpinan Akbar TF’09 dan Agus Tyas TF’10.

Pada tahun 2014 dibawah kepemimpinan Sindu Daniarta TF’11, Kamalogis mulai dibentuk kembali struktur keorganisasiannya sebagai Badan Semi Otonom (BSO) dibawah naungan Keluarga Mahasiswa Teknik Fisika (KMTF) dengan beberapa departemen, yaitu departemen Human Resource Development (HRD), Research and Development (R&D), dan Media & Public Relations (MPR).

Model organisasi seperti ini kemudian terus dilanjurkan di Kamalogis hingga periode-periode berikutnya, yaitu masa pimpinan Gandha Satria TF’12, Muhammad Reiza TF’13, dan sampailah pada periode saat ini.

Apa Saja Program Kerja Kamalogis

  1. Instrument Training. Merupakan pelatihan instrumentasi yang diadakan Kamalogis untuk mahasiswa DTNTF ataupun mahasiswa umum. Program kerja ini merupakan upaya kami untuk berkontribusi dalam mengembangkan peminatan instrumentasi di lingkungan sekitar, terutama di DTNTF.
  2. Instrument Project. Proyek riset merupakan salah satu kegiatan inti dari Kamalogis. Tidak jarang pula proyek riset yang kami lakukan dimasukkan ke perlombaan-perlombaan.
  3. Pelatihan Internal. Pelatihan juga kami lakukan khusus kepada internal Kamalogis. Pelatihan ini diadakan dengan tujuan untuk memberi pondasi ilmu dan keterampilan dasar anggota Kamalogis agar nantinya lebih mudah dalam berkegiatan di Kamalogis ataupun karir nantinya.
  4. Open Recruitment. Open recruitment Kamalogis diadakan sekali setiap tahun. Pendaftaran dibuka untuk mahasiswa Kamalogis angkatan ke 2 dan ke 3 tiap tahunnya.
  5. Autotech. Autotech merupakan acara tahunan berupa seminar atau workshop yang diselenggarakan oleh Kamalogis. Pada tahun-tahun sebelumnya Autotech dilaksanakan dengan membawa tema besar seputaran teknologi instrumentasi pada industri dengan mengundang para praktisi perusahaan terkait.
  6. Kunjungan Kerja Lembaga. Kamalogis berniat untuk menjalin relasi baik dengan organisasi dengan komunitas lain. Melakukan kunjungan adalah cara pertama kami untuk mewujudkannya. Dengan adanya kunjungan ini, kami mengharapkan adanya sharing tentang keorganisasian, sharing ilmu. Dan tentunya kami berharap kunjungan ini merupakan langkah awal untuk saling bersinergi.
  7. Kunjungan Industri. Kunjungan insdustri adalah kegiatan kunjungan ke industri yang berkaitan dengan instrumentasi. Tujuan dari kegiatan ini yaitu agar mahasiswa dapat mengenal dunia industri lebih awal sehingga nantinya mahasiswa lebih siap ketika lulus nanti.
  8. Sharing Alumni TNTF Spesialisasi Instrumentasi. Membangun dan menjaga relasi dengan alumni TNTF, terutama yang berkarir di bidang instrumentasi, merupakan salah satu fokus kami saat ini. Sharing Alumni TNTF kami laksanakan dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi serta berbagi pengetahuan tentang dunia karir kepada para mahasiswa masa kini.
  9. Pengelolaan Official Account LINE dan website. Akun media sosial dan website merupakan salah satu metode kami untuk membawa Kamalogis ke mata publik. Informasi mengenai kegiatan-kegiatan rutin ataupun acara yang kami adakan dapat dilihat melalui OA LINE dan website (masih dalam proses pengembangan) resmi kami.

Struktur Organisasi

Dokumentasi

C:\Users\INTEL PC\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\ProyekPKM2016_1.jpg

Salah satu proyek riset PKM anggota KAMALOGIS (2016/2017)

C:\Users\INTEL PC\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\SharingAlumni1617_2.jpg

Kegiatan sharing alumni angkatan 2006 yang diadakan KAMALOGIS (2017)

C:\Users\INTEL PC\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\AUTOTECH 2017_2.jpg

Workshop PLC “Autotech” yang diselenggarakan KAMALOGIS bersama PT. SIEMENS (2017)

Sekian, berikut tadi adalah pengenalan salah satu Komunitas dalam bidang Instrumentasi dari Universitas Gadjah Mada. Penulis memohon maaf jika ada salah-salah kata dalam penulisan, akhir kata selamat beraktivitas kembali dan nantikan update terbaru seputar isu-isu keteknikfisikaan serta artikel-artikel menarik lainnya dari blog website FKMTF Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Kamalogis, bisa hubungi kami di:

Email        : kamalogis_teknikfisika@ugm.ac.id
Facebook : Ikatan Mahasiswa Teknologi Instrumentasi
Twitter      :@kamalogis
website    : http://kamalogis.ft.ugm.ac.id/

Add comment